Subscribe:

Labels

Minggu, 06 Mei 2012

"HAKIKAT CINTA & BENCI"

Bismillahirrohmanirrohim..

CINTA (Al-Mahabbah) dan benci (Al-Karahah) merupakan fitrah emosional yang dianugerahkan ALLAH pada seluruh umat manusia. Bagi Muslim "CINTA & BENCI" haruslah berdasarkan proposionalisasi syari'at. Karena bisa, apa yang kita cintai itu justru sesuatu yang buruk dan sebaliknya membenci sesuatu yang baik bagi kita. Jika demikian, betapa banyaknya orang yang jadi korban akibat tidak tahu menempatkan arti CINTA & BENCI..

Dalam Islam CINTA haruslah berlandaskan pengikutan (ittiba') dan keta'atan. sebagaimana Firman-Nya,: Jika benar-benar kamu mencintai ALLAH, ikutlah aku (Rasulullah) niscaya ALLAH Mengasihi dan Mengampuni dosa-dosa mu,"(Qs.3.31-32.)

Salah satu CINTA yang diajarkan Rasulullah, antaranya adalah Mengasihi dan Mencintai sesama, sebagai mana pernah dicontohkan Beliau. Tak membedakan antara Muslim dan Non Muslim. Bahkan kita tidak dibenarkan berbuat tidak adil pada suatu kaum misalnya, karena kita membenci kepada mereka."(Qs. 5:8.).


Ajaran Cinta Islami yang harus ditanamkan bukan hanya sesama Muslim. Tapi justru sesama manusia dan sesama makhluk ALLAH. Rasulullah Bersabda: "Hakikat seorang Muslim mencintai ALLAH dan RasulNya, sesamanya serta tetangganya melebihi atau sebagai mana dia mencintai diri sendiri."(HR. Imam Bukhari.)

¤SETIAP KECINTAAN YANG TEREKPRESIKAN AKAN MENJADI AMAL SOLEH BAGI PELAKUNYA¤

Maka dari itu KECINTAAN maupun KEBAIKAN, meski baru tersirat dalam hati belum terlaksana, tetap akan mendapat pahala disisi ALLAH. Sebaliknya KEBENCIAN yang tersimpan dilubuk hati disamping sebuah kewajaran. Juga tidak dicatat sebagai sebuah keburukan. Hingga niatnya benar-benar dilakukan..

Ekspresi sebuah kebencian tak lain sikap hasud yang dilarang Islam, hasud adalah iri dan bersikap dengki terhadap orang atau suatu kelompok. Bahkan sebisa mungkin berupaya menjatuhkan dan menghilangkan semua kepemilikan yang dianggap lawannya itu. Dari sini gosip berubah menjadi hasutan bagaimana merekayasa isu atau gosip tanpa fakta untuk turut menyakinkan orang lain. Agar sama-sama membenci dan menganiya kelompok atau orang tertentu.

Benci yang hasud dilarang Rasulullah, sabdanya, "Jauhilah oleh kalian sikap hasud, karena hasud itu niscaya akan memakan amal kebaikanmu layaknya api menghanguskan kayu bakar."(Hr. Abu Dawud).

"Barang siapa yang menahan amarahnya, maka ALLAH akan menahan azab-Nya."(HR. Thabrani dan Ibnu Hajar.).

Agar KECINTAAN tumbuh dan bersemai dalam diri setiap insan. Rasulullah mengajarkan, "Wahai sekalian manusia tebarkanlah salam (Perdamaian) berikanlah makan orang yang membutuhkan, sambunglah tali persaudaraan, shalatlah tahajjud pada sepertiga malam (Intropeksi), niscaya kamu akan masuk surga dengan damai."(HR. Imam Tarmidzi)

Demikianlah sebaik baiknya kecintaan dalam Islam, kedamaian ditebarkan kepada dan untuk siapapun, seorang Muslim sejati ialah apabila orang lain selamat dari ulah lisannya, tangannya maupun kewenangannya..

Wallahu 'alam Bishowab...

¤"Jika teman-teman ingin menambahkan atau mengoreksi, silahkan, Saya akan senang sekali dan semoga bermanfaat buat kita semua"¤

Semoga goresan ini ada manfaatnya, buat saya sendiri khususnya, dan semoga juga buat teman-teman yang sudi membacanya~

~Salam Hangat Penuh Cinta Buat Teman-teman Semuanya~

0 komentar:

Posting Komentar